Nasdem Sebut PDIP Tak Bisa Inisiasi Hak Angket DPR Tanpa Koalisi Perubahan

Avatar
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (22/2/2024). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Sekretaris Jenderal Partai , mengatkan berdasarkan perhitungannya, PDIP tidak dapat menginisiasi sebagai respons terhadap dugaan kecurangan dalam 2024 tanpa dukungan dari Koalisi Perubahan.

“PDIP tanpa kami tidak bisa jalan, kami tanpa PDIP tidak bisa jalan,” kata Taslim usai melakukan pertemuan dengan petinggi partai-partai Koalisi Perubahan di Tower, Jakarta, Kamis, 22 Februari 2024.

banner 225x100

Menurut , hanya bisa dijalankan setelah memperoleh persetujuan dari setengah lebih Anggota DPR, yang berjumlah 575 kursi. Menurut perhitungannya, jika Koalisi Perubahan, yang terdiri dari tiga partai ditambah PDIP, bergabung, totalnya akan mencapai setengah lebih dari total anggota DPR.

Taslim menegaskan bahwa pihaknya akan menunggu tindakan berikutnya dari PDIP terkait usulan tersebut, karena partai dengan lambang banteng itu yang pertama kali memulai gerakan ini.

“Kalau tergantung kami saja, tergantung pada kami, sejak tiga hari yang lalu kami sudah jalan, kita tunggu respons selanjutnya,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris PKS Aboe Bakar Al Habsy meyakini tinggal menunggu waktu hak angket itu akan bergulir. Karena menurutnya saat ini DPR masih dalam masa reses.

“Ini kita baru bertiga (partai), besok nanti kita berlima bisa kumpul, sekjen-sekjen kumpul pun jadi itu barang,” kata Habsy.

Dalam keterangan sebelumnya, calon presiden nomor urut 3 Pranowo mendorong partai pengusungnya menggulirkan hak angket terhadap dugaan kecurangan pada (Pilpres) 2024 di DPR.***