Pemudik Mulai Padati Exit Tol Parungkuda, Arah Bogor Sukabumi

Avatar
Kondisi arus lalu lintas di sekitar exit Tol Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Minggu (31/3/2024) sekitar pukul 23.30 WIB. ANTARA/Aditya Rohman
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Arus lalu lintas dari Kabupaten , Jawa Barat, menuju Kabupaten pada Minggu sekitar pukul 23.30 WIB terlihat padat di sekitar Pos Terpadu Exit Tol Parungkuda.

Kendaraan dari arah terlihat mengantre di pintu keluar atau exit Tol Parungkuda, Kecamatan Parungkuda. tersebut diduga disebabkan oleh pemudik yang memilih berangkat lebih awal untuk mudik ke dan sekitarnya.

banner 225x100

Salah seorang pengendara roda empat, Nanang Susandi, menyatakan bahwa dia dan keluarganya memilih berangkat mudik lebih awal untuk menghindari , mengingat pengalaman tahun lalu saat terjebak di jalur utara Kabupaten Sukabumi menuju Sukabumi.

“Saya sekeluarga dari Kabupaten Tangerang, Banten. Memilih mudik lebih awal selain menghindari kemacetan, karena ingin lebih lama berkumpul lebih lama dengan keluarga di Sukabumi dan rencananya hingga hari pertama lebaran, di hari kedua kami akan melanjutkan perjalan ke rumah keluarga yang ada di Kabupaten ,” katanya.

BACA JUGA: Pelabuhan Banjarmasin Mencatat Sebanyak 15.721 Pemudik Tujuan Jawa Telah Diberangkatkan

Hingga pukul 00.00 WIB pada Senin, kondisi arus kendaraan di sekitar exit Tol Parungkuda tergolong lengang, namun terlihat kendaraan pengangkut dan kendaraan bertonase besar keluar masuk Tol Parungkuda.

Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo menyatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan segala hal untuk pelayanan mudik Lebaran, termasuk Posko Terpadu, koordinasi dengan instansi terkait, dan penempatan personel di titik-titik rawan kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas.

Pihak kepolisian mengimbau pengendara untuk tetap waspada dan berhati-hati saat melintas di wilayah utara Kabupaten Sukabumi karena terdapat beberapa titik rawan kecelakaan dan minim penerangan.

Selain itu, pengemudi diingatkan untuk tidak memaksakan diri mengemudi jika kondisi tubuh tidak fit, seperti merasa lelah atau mengantuk. Disarankan untuk memanfaatkan rest area atau tempat istirahat untuk beristirahat sejenak atau tidur hingga kondisi tubuh kembali fit.***