Pentingnya Mengelola Stres Setiap Hari Demi Kestabilan Emosi

Avatar
Ilustrasi sedih (Unsplash.com/Eric Ward )
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Seorang , Nirmala Ika Kusumaningrum menekankan pentingnya mengelola sebagai cara untuk mengendalikan dan menghindari reaksi emosional yang berlebihan dalam situasi yang tidak sesuai harapan.

“Kalau kita nggak terbiasa untuk manage, kita pasti akan gampang banget untuk jadi meledak atau jadi breakdown dengan kondisi seperti itu kalau nggak biasa mengelola, maka itu perlu dilakukan setiap hari,” ujarnya dilansir dari ANTARA di , Rabu, 24 April 2024.

banner 225x100

Dia menjelaskan bahwa biasanya seseorang mencoba mengatur emosinya dengan cara yang meningkatkan energi dan memberikan rasa relaksasi. Namun, seringkali cara ini dilakukan dengan kebiasaan yang merugikan kesehatan seperti , menggunakan terlarang, atau makan berlebihan.

“Sebaiknya coba cari cara-cara lain yang tujuannya untuk merilis yang efek jangka panjangnya lebih baik contohnya , meditasi, journaling, latihan nafas atau latihan mindfulness, itu hal-hal yang bisa kita pakai untuk pelan-pelan belajar mengelola kita,” katanya.

BACA JUGA: Usai Dinyatakan Menang, Prabowo Subianto Mengucapkan Rasa Syukur Telah Menjalankan Demokrasi

Nirmala menegaskan bahwa cara-cara tersebut hanya memberikan efek sementara dan dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Dia juga menyarankan untuk menghindari kebiasaan melepaskan stres dengan menonton drama serial secara berlebihan melalui ponsel atau gadget, karena hal ini dapat membuat tubuh tidak bergerak dan paparan radiasi dari gadget dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang berujung pada peningkatan tingkat stres.

“Jika perlu, usahakan menonton seperti di bioskop dengan durasi film yang lebih pendek dan ada upaya untuk bergerak dan berjalan menuju ke bioskop,” katanya.

Sebagai alternatif, Nirmala merekomendasikan teknik-teknik seperti merenggangkan jari atau melakukan refleksi untuk mengurangi ketegangan dan mengelola stres secara sehat.

BACA JUGA: KPU Resmi Menetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Pemenang Pilpres 2024

“Sebenarnya sentuhan bisa membantu merilis ketegangan, makanya ada teknik yang bisa dipakai salah satunya genggam jari, tapi itu harus dilatih,” ucap Nirmala.

Nirmala juga memberikan panduan bahwa idealnya seseorang merasakan stres maksimal selama 3 bulan, dan jika stres tersebut terus berlanjut tanpa mengurang, segera mencari bantuan profesional untuk mencegah yang lebih serius.***

Leave a Reply