Peneliti BRIN Sebut Kehadiran Anies-Muhaimin di KPU Bantu Redam Polarisasi Masyarakat

Avatar
Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran saat menghadiri rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih pada Pilpres 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (24/4/2024). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt/aa.
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Peneliti Politik dari Badan Riset Inovasi Nasional (), Profesor R. Siti Zuhro menyatakan bahwa kehadiran - di Kantor saat penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pilpres 2024 dapat membantu mengurangi polarisasi dalam masyarakat.

Menurutnya, kehadiran pasangan yang bersaing dengan Prabowo-Gibran tersebut dapat meredakan ketegangan politik. Namun, hal ini juga menunjukkan kemungkinan terpecahkannya yang mendukung .

banner 225x100

“Tak menutup kemungkinan Partai NasDem dan PKB bergabung dengan pemerintahan Prabowo,” kata Siti Zuhro saat dihubungi dari Jakarta, Rabu, 24 April 2024.

BACA JUGA: Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Terpilih Resmi Dibuka KPU Hari ini

Dari segi demokrasi, dia menekankan pentingnya kedewasaan para pemimpin partai politik dalam menghadapi kompetisi pemilu dan pasca-Pemilu 2024. Tokoh-tokoh politik perlu memainkan peran penting dalam meningkatkan literasi politik masyarakat.

“Akan tetapi, dalam perspektif tradisi Indonesia, hal itu bisa dimaknai sebagai kompromi antar-elite,” kata dia.

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI - (AMIN) sebelumnya menghadiri penetapan pasangan calon terpilih pada Pilpres 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dengan tampil kompak dalam kemeja putih dan jas hitam.

BACA JUGA: AMIN Dipastikan Hadir Dalam Pembacaan Hasil PHPU di Mahkamah Konstitusi Besok

Kedatangan mereka diikuti oleh pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang diumumkan sebagai pasangan calon terpilih setelah putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak seluruh permohonan dari Anies-Muhaimin dan -Mahfud Md. dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum () Presiden dan Wakil Presiden 2024.***

Leave a Reply