Tips Memilih Makanan yang Baik Untuk Anak Usia 1 Tahun, Usahakan Hindari Makanan Ini

Avatar
Ilustrasi anak makan buah (Unsplash/Thomas Park)
banner 468x60

NALARNESIA.COM-Konsultan Gastrohepatologi lulusan Universitas Indonesia, Frieda Handayani, Sp.A(K), Subsp. G.H., memberikan beberapa tips mengenai asupan makanan sehat untuk anak usia satu tahun untuk menjaga kelancaran pencernaan dan mencegah berbagai penyakit.

“Secara khusus, untuk bayi berusia 1 tahun, makanan yang tidak boleh dikonsumsi adalah , seperti makanan yang sudah diasapkan, dikemas dengan campuran natrium yang tinggi,” kata Frieda saat ditemui dalam acara bincang-bincang di Kota Kasablanka, , Jumat, 24 Mei 2024.

banner 225x100

Dia menambahkan, “Yang kedua makanan deep , makanan yang digoreng atau direndam terlalu banyak minyak”.

Orang tua diingatkan untuk tidak memberikan makanan yang mengandung lemak jenuh, gula tinggi, dan garam tinggi kepada anak usia satu tahun, terutama jika diberikan secara terus-menerus.

BACA JUGA: Perkataan Positif Mampu Menjaga Kesehatan Mental Anak

Langkah ini penting untuk mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan di sekitar saluran pencernaan anak.

Jika anak usia satu tahun mengalami inflamasi akibat konsumsi makanan yang tidak tepat, hal ini dapat menyebabkan malabsorpsi, yaitu kumpulan gejala yang disebabkan oleh gangguan penyerapan nutrisi di usus halus.

Malabsorpsi dapat menyebabkan kekurangan zat atau malnutrisi. Pada , kekurangan zat akibat sindrom malabsorpsi dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Oleh karena itu, Frieda menyarankan agar orang tua memastikan kebutuhan , khususnya yang berusia satu tahun, terpenuhi dengan makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi.

BACA JUGA: Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Ibu Ketika Mengasuh Anak, Semua Peran Dibutuhkan

“Perbanyak makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan, seperti buah dan sayur, makanan manis nggak usah terlalu banyak (diberikan),” saran Frieda.

Disarankan untuk memperbanyak variasi buah, sayur, daging merah, serta sumber lainnya baik nabati maupun hewani agar kebutuhan gizi anak tercukupi.***

Leave a Reply