Beberapa TPS di Bali Akan Melakukan Pemungutan Suara Ulang

Avatar
Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana memberikan keterangan terkait pemungutan suara ulang di empat tempat pemungutan suara (TPS) di Buleleng, Bali, Minggu (18/2/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkab Buleleng
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng, Bali, telah mengumumkan keputusan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang () pada hari Selasa (20/2) di empat (TPS) Desa Pedawa dan Desa Temukus.

Ketua KPU Buleleng, Dudhi menjelaskan bahwa keempat TPS yang akan menjalankan adalah TPS 4 dan TPS 5 Desa Temukus serta TPS 5 dan 6 Desa Pedawa.

banner 225x100

“Kepastian tersebut mengacu pada Keputusan KPU Buleleng Nomor 866 Tahun 2024,” kata Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana di Kota Singaraja, Minggu.

Keputusan PSU ini merujuk pada surat dari panitia pemilihan Kecamatan Banjar, No. 16/PP.06.1/71301/2024, yang mengusulkan pelaksanaan PSU di empat TPS di Kecamatan Banjar.

BACA JUGA: Wali Kota Semarang Minta Puskesmas Pantau Kesehatan Petugas KPPS

Pada PSU di TPS 4 dan TPS 5 Desa Temukus, pemilihan umum Presiden dan akan diulang, sementara di TPS 5 dan TPS 6 Desa Pedawa, PSU akan dilakukan untuk pemilihan umum Buleleng Dapil 8.

“Jadi nanti para pemilih akan diinformasikan untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya. Kalau di TPS 5 dan 6 Desa Pedawa khusus untuk pemilihan Kabupaten saja. Sedangkan untuk TPS 4 dan 5 Desa Temukus untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden saja,” demikian Ganesha.

Keputusan ini diambil setelah PSU dilaksanakan di TPS 5 dan TPS 6 Desa Pedawa karena pada hari pencoblosan Rabu (14/2) lalu, surat suara anggota Kabupaten tertukar. Seharusnya, surat suara DPRD Kabupaten tersebut untuk dapil 8 wilayah Kecamatan Banjar.

Namun, pemilih menerima surat suara dapil 3 wilayah Kecamatan Kubutambahan. Bahkan, di TPS 5, 42 orang telah mencoblos sebelum pemungutan dihentikan.

BACA JUGA: Daftar Perolehan Suara Caleg Artis, Ada Lula Kamal Hingga Narji

Menghadapi kondisi tersebut, KPU Buleleng berkoordinasi dengan Pengawas TPS dan Buleleng untuk menyelenggarakan PSU khususnya untuk pemilihan DPRD Kabupaten.

Gede Ganesha, Komisioner Buleleng, menjelaskan bahwa proses PSU akan dilaksanakan seperti pemilu pada umumnya, dimulai dari pukul 07.00 Wita hingga pukul 13.00 Wita.

Para pemilih akan diinformasikan untuk menggunakan hak pilihnya di TPS, dengan PSU di TPS 5 dan 6 Desa Pedawa khusus untuk pemilihan DPRD Kabupaten, sementara di TPS 4 dan 5 Desa Temukus untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.***