Hal yang Harus Dilakukan Saat Gula Darah Rendah, Jangan Didiamkan!

Avatar
Ilustrasi alat diabetes (unsplash/Diabetesmagazijn.nl)
banner 468x60

NALARNESIA.COM penyakit dalam dari dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Syahidatul Wafa, SpPD, menjelaskan langkah-langkah yang perlu diambil saat menghadapi gejala , yaitu dalam tubuh yang turun di bawah batas normal.

“Kalau kondisi secara umum terjadi ketika pengeluaran cadangan glukosa melebihi dari asupan, jadi banyak yang keluar dibandingkan yang masuk,” kata Wafa dalam sebuah diskusi daring yang digelar pada Sabtu, 30 Maret 2024.

banner 225x100

Wafa menguraikan bahwa dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti ketidakseimbangan antara asupan makanan dan dosis obat gula darah, atau aktivitas fisik yang intens tanpa diimbangi dengan asupan makanan yang memadai.

Dalam kasus hipoglikemia, penting bagi penderita untuk mengenali gejala seperti keluar keringat dingin, jantung berdebar, dan sensasi pusing berputar atau merasa akan pingsan.

BACA JUGA: Para Penderita Diabetes Wajib Perhatikan Konsumsi Kalori Saat Lebaran

Ketika gejala muncul, Wafa menyarankan agar segera mengonsumsi gula, misalnya dengan minum larutan gula atau memakan permen manis.

“Kalau ada gejala hipoglikemia harus buru-buru minum larutan gula atau kalau gak ada larutan gula makan permen yang bisa dengan cepat meningkatkan dalam tubuh untuk mencegah terjadinya kekurangan zat gula bagi kita,” ujar Wafa.

Setelah penanganan awal dilakukan, penderita hipoglikemia disarankan untuk makan dan mengevaluasi kondisi tubuh untuk mengidentifikasi penyebab gejala tersebut.

“Dievaluasi kenapa bisa hipoglikemia bisa karena makannya kurang atau dosis obatnya terlalu tinggi dan lain-lain,” tutur Wafa.

BACA JUGA: Tips Konsumsi Makanan yang Aman Bagi Penderita Diabetes Saat Lebaran

Wafa juga mengingatkan bahwa hipoglikemia yang terjadi berulang kali dapat membahayakan kesehatan, terutama bagi dan jantung. Kondisi ini dapat memicu berbagai penyakit serius seperti , demensia, dan gangguan jantung.

“Jadi kejadian hipoglikemia tidak sepele perlu diatasi segera, dikenali penyebabnya, dan diatur atau dikendalikan penyebabnya sehingga tidak terjadi berulang,” pungkas Wafa.***

Leave a Reply